Cara kurus tanpa diet.

KS Info Penanya: KS, Wanita, 24 Tahun
Ass... Dok... Bagaimana ya menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi porsi makan kita uang dulu ...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KS,

Berat badan yang ideal ditentukan oleh tinggi badan dan berat badan seseorang. Bila berat Anda berlebih dan ingin mengurangi berat badan Anda, maka pada intinya adalah menjaga agar kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang dikeluarkan untuk beraktivitas. Sedangkan Anda saat ini tidak ingin mengurangi porsi makan namun mengharap berat badan dapat turun, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak aktivitas Anda sehari-hari, sehingga kalori yang dibakar lebih banyak. Selain itu Anda juga perlu mengganti pola makan Anda ke pola makan yang lebih sehat seperti makan sayur dan buah dalam porsi besar sehingga membuat Anda tetap kenyang. Sebisa mungkin kurangi makanan yang digoreng dan beralih ke makanan yang dikukus namun tetap dengan porsi yang sama, serta perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari.

Berikut ini contoh-contoh olahraga yang dapat membakar kalori dengan cepat seperti berlari, bersepeda, lompat tali, dan berenang.

Yang penting adalah Anda mengetahui berapa kalori Anda yang masuk (makan) dan Anda harus melakukan olahraga yang membakar kalori melebihi kalori yang Anda makan. Bila Anda bingung dalam menghitung kebutuhan kalori, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi untuk pengaturan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hal utama yang membuat gagal diet adalah komitmen dan motivasi yang tidak cukup kuat

Gagal Diet, Bisa Jadi karena Tubuh “Terpaksa” Kelaparan

Gagal diet bisa datang dari faktor internal maupun eksternal, keduanya sama-sama membuat diri sendiri tak bisa mempertahankan komitmen.