18 Aug 2021, 17:43Saraf

Cara kerja obat tissue Plasminogen Activator

L
Info Penanya: L0
Dokter, bagaimana cara kerja tissue Plasminogen Activator untuk mengobati stroke? Soalnya ada banyak rekomendasi untuk menggunakan obat ini jika ingin penyakit stroke sembuh.
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Stroke adalah penyakit yang akhir-akhir ini bisa dialami siapa saja baik dewasa muda, laki-laki maupun wanita. Biasanya penyakit ini menyerang pada orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi dan pola hidup yang tidak baik, termasuk obesitas.Penanganan terhadap stroke harus secepat mungkin karena stroke memiliki golden period 3 jam. Jika pengobatan dilakukan dalam waktu kurang dari 3 jam maka angka pemulihannya akan lebih baik. Oleh karena itu jika mengalami keluhan kelumpuhan setengah badan yakni salah satu sisi misal tangan kanan dan kaki kanan, pelo, maka harus segera diperiksakan ke Rumah Sakit agar penanganannya tidak terlambat.

Cara kerja tissue Plasminogen Activator untuk mengobati stroke.

Stroke sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yakni stroke sumbatan dan stroke perdarahan. Untuk pengobatan stroke sumbatan memang salah satunya bisa menggunakan tissue Plasminogen Activator karena cara kerjanya sebagai trombolitik yakni memecahkan sumbatan yang ada. Oleh karena itu terapi tissue Plasminogen Activator tidak bisa digunakan untuk stroke perdarahan karena akan semakin memicu perdarahan menjadi lebih banyak.Terapi tissue Plasminogen Activator ini harus dilakukan secepat mungkin dan tidak bisa digunakan untuk menghilangkan gejala sisa stroke, sehingga harus diberikan saat stroke masih akut dengan berbagai pertimbangan dari dokter. Lakukan konsultasi dengan dokter saraf yang melakukan perawatan.Salam sehat,dr. Vina
gejala strokestrokeobesitas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil