Cara Diet yang Sehat

AL Info Penanya: AL, Wanita, 21 Tahun
Dok bagaimana cara diet yang sehat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore AL,

Terimakasih AL atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Diet adalah perilaku pengaturan makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang secara rutin untuk
menjaga kesehatan. Terdapat beragam jenis diet namun patut diingat tidak semua orang cocok dengan jenis diet tertentu. Kondisi tubuh manusia, kemampuan toleransi tubuh terhadap bahan tertentu, hingga faktor sosioekonomi harus diperhatikan sebelum memilih suatu jenis diet khusus. Sehingga dibutuhkan konsultasi dengan Ahli maupun Dokter Gizi sebelum menentukan jenis diet yang tepat.

Namun berikut hal-hal yang harus diperhatikan secara umum:

  1. Pastikan nutrisi seimbang mengandung karbohidrat, protein maupun lemak.
  2. Makan dengan porsi secukupnya. Apabila tujuan diet anda ialah menurunkan berat badan, porsi makanan anda dapat dikurangi. Serta hindari kebiasaan mengemil, karena makanan dimakan dalam bentuk kecil sehingga kadang tidak terasa bahwa kita telah makan dalam jumlah yang banyak. Jumlah cemilan yang banyak tentu memiliki lebih banyak kalori,
  3. Hindari makanan berpengawet, pemanis pewarna buatan, dan junk food. Bahan-bahan tambahan yang terdapat di dalam makanan ini dapat berdampak tidak baik pada kesehatan anda. Biasanya makanan jenis ini mengandung lemak, gula, ataupun garam yang terlalu tinggi.Sehingga meningkatkan risiko terjadinya Diabetes Melitus dan Hipertensi. Untuk contoh makanan yang sebaiknya dihindari anda dapat melihat artikel sebelumnya.
  4. Jadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan. Olahraga bukan hanya membantu membakar kalori tubuh berlebih. Namun patut diingat olahraga dapat melatih jantung, paru, serta kekuatan otot yang baik untuk kesehatan. Lakukan olahraga minimal 30 menit 3 kali dalam seminggu.
  5. Istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dan irama sirkadian yang baik juga membantu tubuh anda lebih sehat. Pada beberapa penelitian, diketahui bahwa kurang tidur menjadi salah satu penyebab obesitas.

Apabila Anda memiliki penyakit seperti Diabetes, Hipertensi, Dyslipidemia, Penyakit Ginjal, maupun Penyakit Jantung sebaiknya Anda mengkonsultasikan diet Anda terlebih dahulu pada Dokter Gizi terdekat.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber asam folat lainnya dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pepaya, jeruk, jeruk bali merah, dan stroberi

7 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Membantu Pertumbuhan Janin

Asam folat dikenal sebagai nutrisi penting yang dapat membantu pertumbuhan janin. Asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Beberapa makanan yang mengandung asam folat antara lain biji bunga matahari, sayur-sayuran hijau, brokoli, dan alpukat.