Bagaimana cara mendapatkan momongan setelah keguguran?

CI Info Penanya: CI
Dok, apakah ada efek setelah melakukan operasi kiret,berapa lama untuk bisa hamil lagi?Bagaimana solusi yg tepat untuk cepat hamil setelah operasi kiret?Makanan yg dapat mempercepat proses kehamilan?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CI,

Kehamilan tentu diharapkan oleh pasangan yang baru menikah atau yang ingin menambah jumlah momongan, namun hal tersebut tidak bisa begitu saja didapatkan, perlu usaha untuk mencapaikan.

Perihal program hamil setelah keguguran dan tindakan kuretase, maka tidak boleh dilakukan tergesa-gesa. Sebaiknya beri jarak sekitar 2- 3 bulan untuk proses pemulihan rahim dan pemulihan psikis Anda. 

Operasi kuretase bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa jaringan yang ada di dalam rahim, karena bila sisa jaringan ini tidak bersih maka bisa saja terjadi perdarahan atau infeksi di dalam rahim.

Selama menunggu waktu tersebut, perbaiki pola hidup Anda dengan cara :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Lakukan olahraga secara rutin.
  3. Usahakan berat badan seideal mungkin.
  4. Perbanyak asupan kacang-kacangan, asam folat, dan omega 3.
  5. Hindari stres.
  6. Cukup istirahat dan jangan begadang.
  7. Hindari asap rokok.

Anda bisa melakukan pemeriksaan berkala ke dokter kandungan atau suami ke dokter andrologi untuk pemeriksaan kualitas sperma. Karena proses kehamilan ditentukan oleh kedua belah pihak sehingga antara suami dan istri harus sama-sama sehat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui periode ovulasi merupakan awalan yang tepat dalam proses kehamilan

Memahami Bagaimana Alur Proses Kehamilan Berlangsung

Beberapa fase dalam proses kehamilan, di antaranya: ovulasi, penebalan lapisan rahim, perjalanan sel telur, vpembuahan sel telur oleh sperma, implantasi,dsb