Cara cepat mengeluarkan dahak

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, belakangan ini tenggorokan saya tidak enak, seperti ada dahak yang menyangkut. Bagaimana cara cepat mengeluarkan dahak ya, dok? Thank you jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Dahak merupakan cairan kental yang menghalangi saluran udara. Adanya dahak dalam saluran nafas menyebabkan sesak pernafasan. Berbagai penyakit yang memicu peradangan pada saluran nafas dapat berkontribusi pada peningkatan produksi dahak.

Beberapa penyakit yang dapat meningkatkan pengeluaran dahak seperti bronkitis, pneumonia, flu, asma, sinusitis, alergi, dan PPOK. Didalam dahak terkandung sel-sel radang, partikel benda asing seperti debu, sel darah putih hingga bakter atau virus.

Beberapa cara untuk mengeluarkan dahak :

  1. Minum air putih
    Banyak minum air putih, terutama air hangat, dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan saluran pernafasan Anda. Selain air putih jeruk nipis juga bisa menjadi pilihan.
  2. Madu dan uap hangat
    Menghirup uap dari ir hangat yang di campur madu dapat membantu membersihkan dahak dan mengurangi penyempitan bronkus.
  3. Berkumur dengan air garam
    Secangkir air hangat dicampur dengan setengah sendok teh air garam dan gunakan untuk berkumur sambil menegadahkan kepala dalam beberapa menit.
  4. Mengkonsumsi jahe dan lemon
    Dapat membantu mengeluarkan dahak dan juga efektif untuk menghangatkan tubuh.

Jika dahak masih ada meski sudah menggunakan bahan-bahan diatas. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis paru utnuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkiektasis dapat menimbulkan penumpukan lendir dan membuat saluran udara tersumbat

Mengenal Bronkiektasis dan Penyebab Batuk Berdahak Lainnya

Bronkiektasis terjadi ketika dinding saluran udara (bronkus) rusak, menebal, dan melebar akibat peradangan kronis atau infeksi sehingga mengakibatkan penumpukan lendir. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk berdahak jangka panjang. Selain itu, terdapat penyebab batuk berdahak lainnya seperti, asma, bronkitis kronis,dll.