Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

AM Info Penanya: AM, Wanita, 31 Tahun
Selamat Sore Dokter, Saya mau tanya, bagaimana caranya agar cepat hamil kembali karena tujuh bulan lalu pernah keguguran dan sampai sekarang belum kunjung hamil lagi.Pernikahan saya sudah 1 tahun, dan kata Dokter keguguran disebabkan karena benturan pada saat naik sepeda motor.Mohon penerangannya,Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu A,

Peristiwa keguguran yang terjadi pada Ibu yang sangat menginginkan kehamilan, merupakan peristiwa yang cukup mempengaruhi secara fisik dan psikis.

Setelah proses keguguran dan pembersihan rahim dari sisa konsepsi (hasil pembuahan) baik dengan cara dikuret maupun secara spontan dengan pemberian obat-obatan, maka rahim dan alat reproduksi wanita lainnya membutuhkan waktu untuk pulih secara sempurna adalah sampai 6 bulan. Pemulihan secara psikis adalah bervariasi untuk setiap calon Ibu.

Sebaiknya Ibu tidak perlu cemas dan terlalu stress, karena akan sangat mempengaruhi kesiapan Ibu untuk hamil kembali. Kabar baiknya adalah karena Ibu sebelumnya pernah hamil maka, kondisi kesuburan Ibu dan pasangan sejauh ini adalah baik.

Jalani kehidupan dengan hati terbuka, dan pikiran yang positif karena saat - saat ini Ibu sudah siap kembali secara fisik untuk memulai proses kehamilan baru. Jangan lupa untuk mulai melakukan kontrol ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mempersiapkan kehamilan. Sebaiknya dapat dimulai dengan minum suplemen Folic Acid (Asam Folat) untuk mencegah cacat pada calon bayi. Sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan Dokter.

Semoga Ibu segera hamil dan memperoleh momongan yang sehat dan sempurna. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan Ibu dan anak selama masa kehamilan dan melahirkan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam folat pada sayuran hijau seperti brokoli sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin

11 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil yang Paling Dianjurkan

Makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil sangat penting. Seperti sayur-sayuran, karena kaya akan vitamin seperti beta karoten, vitamin C, dan asam folat. Kandungan gizi yang baik dan seimbang membantu perkembangan janin, meningkatkan berat badan lahir yang sehat, dan menurunkan risiko anemia.