Bagaimana cara mengetahui penyakit menular seksual?

O Info Penanya: O, Pria, 21 Tahun
Selamat sore dokter. Apakah penyakit sex menular selain hiv dapat diketahui lewat cek darah di lab?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, O.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Penyakit menular seksual adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, baik melalui penetrasi, oral seks, ataupun anal seks. 

Ada beberapa penyakit menular seksual yang bisa diketahui dari gejala klinisnya. Biasanya, gejalanya khas, sehingga belum perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit menular seksual:

  • Chlamydia, disebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Paling sering ditemukan, chlamydia adalah penyakit menular seksual terbanyak pada wanita. Gejalanya adalah keputihan yang keluar dari cairan di leher rahim, dan bisa berkomplikasi menjadi radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disesase.
  • Gonorrhea, yang disebabkan oleh Neisseria Gonorrheae. Bakteri ini menimbulkan gejala pada pria dan wanita. Pada pria, gejala yang paling sering dialami adalah nyeri saat berkemih dan nanah yang keluar dari ujung penis. Sedangkan pada wanita, penderita akan mengalami keputihan dan nyeri saat berhubungan seksual.
  • Herpes genital, yang disebabkan oleh virus. Biasanya akan timbul bintil-bintil yang terasa melepuh pada area yang terinfeksi. Terkadang, terjadi juga pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar area yang terkena.

Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan penanganan yang sesuai. Jika penyakit menular seksual terjadi berulang kali, bisa berisiko bagi kesehatan alat kelamin. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari seks bebas agar tidak tertular penyakit menular seksual, ya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.