Cara berhenti masturbasi dan mengurangi rasa bersalah setelah masturbasi?

G Info Penanya: G, Pria, 22 Tahun
Bagaimana cara berhenti masturbasi? dan bagaimana cara mengolah rasa bersalah setelah masturbasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G

Terima kasih atas pertanyaannya.

Masturbasi sebetulnya tidak berbahaya namun bisa mengakibatkan kecanduan juga. Sama seperti pada pecandu alkohol, biasanya akan menyangkal kalau kecanduan masturbasi. Cara mengatasinya, jangan menonton film porno yang dapat menimbulkan keinginan masturbasi. Coba menonton film komedi atau yang tidak ada adegan seksualnya.

Sering berkumpul dengan orang lain, hindari sendirian agar tidak terpancing ide untuk masturbasi. Sering berada di tempat umum. Lama kelamaan Anda bisa mengurangi keinginan masturbasi. Cari hobi lain yang menghabiskan tenaga, seperti olahraga sepakbola, basket atau berenang.  Dengan begitu Anda sudah tidak memiliki tenaga sisa untuk memikirkan masturbasi. Kuncinya ada di diri Anda untuk ingin berhenti masturbasi, bisa dengan bertambah usia, pemikiran semakin matang atau memilki pasangan sebagai motivasi berhenti masturbasi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alasan pra melakukan orgasme palsu adalah menutupi ejakulasi dini dan ingin mengakhiri seks dengan cepat

6 Alasan Pria Melakukan Orgasme Palsu

1 dari 4 pria melakukan orgasme palsu, penyebab orgasme palsu pada pria adalah orgasme yang tertunda, menutupi ejakulasi dini, mempertahankan gengsi, menyenangkan pasang mereka, atau ingin mengakhiri kegiatan seksual.