Gejala dan bagaimana cara mengatasi gangguan depresi?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 16 Tahun
Assalamu'alaikum Dok..Bagaimana yah caranya menyembuhkan depresi Skizofrenia ?? Apakah harus bertemu langsung dgn psikiater / psikolog ataukah ada cara penyembuh an lain yg bisa dilakukan secara mandiri ??Syukron,Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gangguan depresi adalah gangguan mood atau perasaan yang membuat seseorang merasa sedih terus menerus, kehilangan minat, kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari, dan merasa tidak layak untuk hidup. Depresi dapat terjadi dalam berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Terkadang penderita depresi tidak menyadari bahwa sedang mengalami gangguan depresi. Maka dibutuhkan kepekaan dari orang-orang sekitar. Penyebab dari gangguan depresi yaitu faktor biologis, adanya kejadian yang membuat trauma, genetik, kepribadian, penggunaan obat-obatan, cedera kepala, kondisi medis tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, PPOK, skizofrenia dll.

Gejala dari gangguan depresi terdiri dari:

  • Kehilangan minat atau rasa senang
  • Suasana hati murung, tertekan, marah atau kesal
  • Insomnia
  • Gangguan nafsu makan
  • Perasaan tidak berharga
  • Gangguan psikomotor
  • Kehilangan energi
  • Keinginan untuk bunuh diri
  • Hilangnya kemampuan berkonsentrasi

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, saya menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis jiwa (psikiater) agar dapat dilakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis penyakit Anda ini. Sehingga Anda memperoleh pengobatan yang tepat. Dan biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan psikoterapi dengan tujuan agar Anda mampu menemukan cara yang terbaik untuk mengatasi masalah Anda, mampu beradaptasi terhadap masalah, dan mampu untuk menjalani kehidupan Anda lebih baik lagi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara melatih mental bisa membantu Anda lebih kuat dalam menghadapi masalah

7 Cara Melatih Mental untuk Dapatkan Mental yang Kuat

Tidak hanya ketahanan fisik, kekuatan mental juga penting untuk keberlangsungan hidup kita. Karena itu, mengikuti cara melatih mental ini dapat menjadi langkah awal, agar Anda siap untuk menghadapi berbagai rintangan dan tekanan yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan.