Cara agar tidak melakukan masturbasi pada malam hari

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
Cara agar tidak melakukan masturbasi pada malam hari gimana ya dok?Setiap malam sebelum tidur selalu melakukan masturbasi sendiri bila ada cara untuk menghentikan nya saya ingin melakukannya, soalnya setiap malam selalu melakukannya dan pagi harinya jadi tidak fit untuk bekerja mohon masukannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Masturbasi merupakan kegiatan aktivitas seksual sendiri atau menggunakan alat bantu untuk menyalurkan hasrat seksual. Masturbasi sendiri memiliki efek positif dan negatif dimana jika dilakukan berlebihan dapat menimbulkan sejumlah gangguan. Beberapa efek positifnya diantaranya:

  • Meningkatkan hormon kesenangan untuk bisa lebih rileks dan senang
  • Menurunkan stres
  • Membantu meningkatkan kualitas tidur
  • Membantu mengetahui cara memudahkan orgasme saat berhubungan seksual

Tetapi sisi negatifnya juga adalah:

  • Dapat menimbulkan kecanduan
  • Mengganggu saat hubungan seksual sebenarnya
  • Berisiko menimbulkan iritasi jika dilakukan dengan kasar
  • Berisiko penularan penyakit menular seksual

Untuk bisa mencegah melakukannya setiap hari perlu mengalihkan pikiran dan juga menghindari konten-konten yang bisa meningkatkan rangsang seksual, selain itu juga bisa untuk mengalihkan pada kegiatan lain seperti berolahraga agar dapat tidur tanpa melakukan masturbasi terlebih dahulu, jika kesulitan mengehentikannya maka perlu diperiksakan pada dokter agar keluhan bisa diatasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita dengan disfungsi seksual biasanya mengalami penurunan gairah seksual

Bahaya Disfungsi Seksual pada Wanita dalam Hubungan Intim

Disfungsi seksual tidak hanya terjadi pada pria, tetapi wanita juga mengalaminya. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan. Dampak disfungsi seksual pada wanita, antara lain penurunan gairah seksual, sulit terangsang, sulit orgasme, dan nyeri saat berhubungan intim. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambah variasi foreplay dan teknik saat melakukan hubungan intim.