25 Aug 2020, 22:41Kulit & Kelamin

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata dan kerutan?

FC
Info Penanya: FC, Wanita, 19 Tahun
Selama malam dok, saya mau tanya saya ini diruma aja nggak keluar2rumah udah berapa bulan ini, tidur juga jam 11 paling lambat kadang ad sesekali jam 12 tapi jarang,saya pake pelembab juga terus,tapi kantong mata saya sama kerutan nya tiap hari kayak nya makin parah dok, gimana ya solusiya dok terimakasih??
1441 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FCA.Kantung mata biasanya disebabkan karnea kelemahan otot penopang kelopak mata bawah serta jaringan lainnya, yang mengakibatkan adanya penumpukan cairan di bawah mata. Kantung mata dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri, karena membuat wajah tampak seperti kelelahan dan terlihat lebih tua.Sedangkan kerut adalah garis-garis halus yang muncul pada kulit. Kerutan merupakan hal yang wajar dialami seiring bertambahnya usia, karena elastisitas kulit yang berkurang. Tetapi, apabila kerutan timbul di usia Anda (19 tahun), maka hal tersebut merupakan penuaan dini.Beberapa hal yang dapat memicu kantung mata dan kerut pada usia muda adalah:
  • Kurang tidur berkepanjangan
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Sering terpapar asap, debu, polusi, dan radikal bebas lainnya
  • Tekanan psikologis atau stres yang berlebihan
  • Kondisi kulit yang kering
Oleh karena itu, untuk sementara Anda dapat mengubah beberapa hal terkait pola hidup Anda. Tidur sebaiknya mulai jam 9-10 malam, dengan durasi 7-9 jam per hari. Konsumsi makanan bergizi dan hindari junk food, dan imbangi dengan minum air putih yang cukup. Kurangi paparan asap, debu, dan polusi sebisa mungkin.Jaga kondisi kulit agar tidak kering, boleh menggunakan pelembab seperti yang Anda sudah lakukan. Untuk mandi, gunakan sabun bayi, akan lebih baik apabila sabun tersebut rendah bahan kimia sehingga tidak memicu kulit semakin kering.Selain itu, menggunakan bahan alami untuk mengompres mata seperti kantung teh hijau, mentimun, atau wortel juga boleh dilakukan. Bahan alami lain seperti yogurt, bubuk coklat, serta madu bisa digunakan sebagai masker wajah pada bagian yang berkerut.Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan masalah Anda kepada dokter kulit ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kantung matakulit keriputpenuaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil