02 Apr 2021, 20:01Infeksi

Bagaimana jika vaksin ulang campak terlewat ?

LK
Info Penanya: LK0
Selamat malam doknmau nanya anak saya kan harusnya campak ulang yg 18 bln tgl 26 Maret kemarin cuma saya lupa baru ingat dia 18 bln hari ini apakah masih bisa untuk campak ulang dan bahaya kah jika terlambat Mohon pencerahannya dok Karena ini anak pertama saya Terima kasih???
111 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, L.Mempunyai anak pertama adalah suatu yang luar biasa bagi seorang Ibu dan Ayah. Pengalaman yang minim dalam mengasuh anak, membuat Ibu takut ada yang terlewat diberikan pada anak termasuk vaksin. 

Apa itu vaksin campak dan fungsinya ?

Vaksin campak adalah suatu cara membentuk kekebalan tubuh anak terhadap penyakit campak dimana penyakit campak mudah ditularkan dan menimbukan komplikasi yang serius. Penyakit campak bisa menyerang semua usia, namun angka kejadian tertinggi saat masih anak-anak.Vaksin campak diberikan kombinasi dengan rubella yaitu vaksin MR measles dan rubella saat usia anak 9 bulan dan dilakukan vaksin ulang saat anak 18 bulan serta 7 tahun agar perlindungan yang terbentuk semakin optimal.

Bagaimana jika vaksin ulang campak terlewat ?

Banyak Ibu yang lupa akan vaksin ulang anaknya karena berbagai kesibukan. Vaksin campak anak Anda yang terlewat hingga 1 minggu tetap dapat diberikan dan tidak menimbulkan bahaya jika terlambat dimana terlewat pada waktu yang tidak terlalu jauh.Walau Anak sudah divaksin, bukan berarti anak terlindung seutuhnya dari penyakit campak. Untuk itu, tetap jaga kesehatan anak, berikan makanan bergizi, latih anak untuk hidup sehat dari kecil, mencuci tangan, menyikat gigi, pola tidur yang teratur dan pantau perkembangan serta pertumbuhan di dokter spesialis anak.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
vaksin bayi dan anakcampakrubella
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil