26 Jan 2021, 14:56Penyakit Lainnya

Apa yg harus dilakukan apabila balita dicakar tikus ?

IB
Info Penanya: IB0
Apa yg harus di lakukan apa bila balita di cakar tikus
296 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, N.Balita harus selalu dalam pengawasan orangtua atau orang dewasa. Balita mempunyai rasa ingin tahu dan rasa ingin mencoba yang tinggi, termasuk akan berbagai rasa benda di sekitarnya dimana saat fase oral berlangsung. Balita akan memasukkan mainan, barang yang ditemuinya, baik mainan dalam keadaan kotor maupun benda berbahaya seperti koin.Apa efek samping balita yang suka memasukkan mainan ke mulut ?Jika ada benda kecil yang tidak sengaja masuk ke mulut balita dan membuat balita tersedak maka pertolongan harus segera dilakukan. Mainan yang masuk ke mulut balita juga dapat mengandung bakteri sehingga menyebabkan balita diare, muntah, dan infeksi saluran pernafasan.

Apa yg harus dilakukan apabila balita dicakar tikus ?

Salah satu akibat jika balita tidak diawasi oleh orangtua maupun orang dewasa, balita dapat dicakar oleh binatang yang ada di rumah. Selain itu hal ini juga disebabkan oleh kebersihan rumah yang tidak dijaga dengan baik.Saat terlihat ada luka bekas cakaran pada kulit anak, atau orangtua melihat secara langsung saat binatang termasuk tikus mencakar anak, maka orang tua tidak perlu panik. Lihat luka cakaran, apakah ada perdarahan yang aktif atau tidak. Coba tenangkan anak. Basuh luka segera dengan air bersih, berikan povidone iodine. Tutup luka menggunakan kassa bersih. Berikan anak makanan bergizi seimbang, termasuk vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Kapan anak perlu dibawa ke dokter saat dicakar tikus ?

Anak perlu dibawa ke fasilitas kesehatan atau dokter spesialis anak saat dicakar tikus jika :
  • Luka cakaran besar, dalam, kotor, dan luka terus menerus berdarah.
  • Luka mengeluarkan nanah, bengkak, merah, sera nyeri.
Selain itu anak juga perlu dibawa ke dokter dimana daya tahan tubuh anak yang lemah, misalnya menderita penyakit kronis tertentu, dan mengkonsumsi obat antisteroid jangka panjang.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
makanan sehatpenyembuhan lukacara mengusir tikus di rumah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil