Cairan vagina yang gatal dan berbau

YL Info Penanya: YL, Pria, 19 Tahun
Jika keluar cairan dari dalam vagina terus menerus, disertai dengan gatal dan bau, bagaimana cara mengatasinya?? Dan apa saja yang baik di konsumsi untuk mengatasi masalah tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YL

 

Keluarnya cairan vagina merupakan kondisi normal. Namun pada pengeluaran cairan yang terjadi banyak terus menerus disertai bau dan gatal dapat menjadi tanda infeksi bakterial vaginosis, jamur pada candidiasis vulvoginosis ataupun parasit seperti trikomoniasis. Selain itu pada beberapa kondisi pengeluaran cairan vagina yang berbau dan gatal juga dikaitkan dengan penyakit menular seksual 

Saran saya, anda dapat menjaga kebersihan vagina cuci bersih dengan air bersih, hindari kontak seksual yang beresiko dan jangan menggunakan sabun pembersih vagina karena dapat mengganggu PH disekitar kemaluan sehingga flora normal dapat hilang dan memperbanyak pertumbuhan bakteri ataupun jamur. 

Segera konsultasikan diri anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan penyebab pengeluaran cairan vagina yang gatal dan berbau

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu kemaluan adalah salah satu penyebab rambut kemaluan gatal dan ruam kemerahan, hingga iritasi

Benarkah Kutu Menjadi Penyebab Rambut Kemaluan Gatal?

Kontak seksual menjadi faktor utama penularan kutu kemaluan. Gejala rambut kemaluan gatal adalah ruam, kemerahan, iritasi hingga gatal terutama pada malam hari. Salah satu cara mengatasinya adalah mencuci handuk dengan air panas.