Cairan putih kental dari penis lelaki, apa penyebabnya?

PD Info Penanya: PD
Dok apa penyebab keluar nya cairan putih kental dari penis lelaki tapi tidak berhubungan badan dan cairan tidak bau
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PD,

Adanya cairan atau duh dari kelamin laki-laki adalah tanda adanya gangguan pada saluran kemih, bisa dipicu oleh adanya infeksi di organ reproduksi, infeksi di saluran kemih, ataupun karena penyebab lain.

Perhatikan juga gejala lain yang timbul menyertai cairan putih kental tersebut apakah ada rasa nyeri, perih atau panas dari kelaimin. Perhatikan pemicunya atau kapan keluarnya, karena bisa saja yang keluar adalah cairan sperma akibat mimpi basah salah satunya.

Sering kali kondisi ini dikaitkan dengan infeksi menular seksual seperti kencing nanah, tapi jika tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya maka perlu dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan pada dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Nantinya akan dilakukan beberapa pemeriksaan seperti:

  • Wawancara medis
  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan urine
  • Pemeriksaan lab darah
  • Pemeriksaan USG
  • Pemeriksaan sampel cairan duh tubuh
  • Pemeriksaan lain yang diperlukan

Untuk itu selama belum diperiksakan perlu perbanyak minum air putih, hindari menahan buang air kecil, rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam terutama jika kotor karena duh yang keluar.

Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh, hindari mengobati diri sendiri dengan tanpa memeriksakan diri pada dokter atau dengan melihat dari internet cara penyembuhannya karena bisa menimbulkan risiko efek samping dari pengobatan dan juga risiko terjadinya resistensi obat.

Periksakan diri segera pada dokter spesialis kulit dan kelamin dan gunakan masker saat datang periksa. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.