Cairan putih keluar saat pagi apakah normal?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 2019 Tahun
Halo dokter, saya menikah baru 4 bulan. Saya mau tanya.1. Tiap habis berhubungan, misal berhubungan malam hari kemudian tidur. Saat bangun tidur paginya dan berdiri, langsung ada cairan putih yg keluar. Apakah itu normal??? 2. Kemudian kalo sesaat setelah selesai berhubungan dan ada sperma yg keluar apakah itu normal juga?Mohon dijawab, karena saya ingin langsung punya anak, takutnya ada yang salah dengan 2 hal tersebut. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AF,

Keluarnya cairan putih dari kemaluan adalah keputihan. Hal ini dapat merupakan hal yang normal jika tidak ada perubahan warna ataupun konsistensi dari cairan yang keluar, selain itu juga tidak ada gejala lain seperti nyeri perut, bau khas dari cairan tersebut, nyeri saat berkemih, ataupun gejala lain. Jika ada maka bisa merupakan keputihan yang tidak normal dan perlu dipastikan penyebabnya. Bisa karena infeksi bakteri, jamur atau parasit, ataupun penyakit menular seksual.

Keluarnya sperma pasca berhubungann merupakan hal yang wajar, terlebih jika volume cairan semen suami cukup banyak. Tidak perlu khawatir sulit hamil karena yang diperlukan hanya 1 sel sperma untuk membuahi sel telur. 

Jika ingin segera hamil ada beberapa hal yang bisa diperhatikan seperti kapan masa subur, posisi berhubungan badan, dan yang utama memeriksakan kesuburan jika nantinya sampai 1 tahun menikah dan rutin berhubungan belum juga memiliki anak. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda-tanda yang perlu diketahui

7 Tanda Infeksi Saluran Reproduksi, Nomor 4 Banyak Dialami Wanita!

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda yaitu keputihan abnormal, gatal pada kelamin, nyeri perut bagian bawah, nyeri menstruasi, ruam di selangkangan.