29 Apr 2019, 05:06Kulit & Kelamin

Cairan putih keluar dari penis, gejala apa?

MP
Info Penanya: MP, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya , saya kencing sakit sekali dan panas pada penis , dan sering mengeluarkan cairan putih tapi bukan sperma , itu gejala apa ya dan apa obatnya ???
185109 Views
9 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat Siang, MP.Nyeri saat kencing merupakan suatu tanda adanya infeksi di saluran kemih. Infeksi bisa terjadi mulai dari ginjal atau di saluran kemih sebelah bawah yaitu uretra. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika nyeri saat kencing disertai dengan gejala berupa cairan keluar dari penis, maka diagnosis banding yang mungkin terjadi adalah:
  • Gonore
Sering disebut dengan kencing nanah. Gonore merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan menyebar melalui hubungan seksual (oral, anal, dan vaginal). Resiko penyakit ini meningkat jika sering berganti pasangan seksual. Pada wanita, penyakit ini sering tidak menunjukkan gejala apapun. Namun pada pria, gejala yang khas terjadi adalah terdapat cairan kental dan lengket, dapat berwarna putih, krem, kuning, atau kehijauan yang keluar dari penis, dan disertai nyeri atau panas saat kencing.Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel mengenai kencing nanah.
  • Klamidia
Klamidia juga merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamidya trachomatis. Gejala yang biasanya muncul adalah terdapat cairan bening atau keruh yang keluar dari penis dan disertai nyeri atau panas serta gatal saat kencing.
  • Trikomoniasis
Penyakit yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis juga merupakan penyakit menular seksual. Gejala yang muncul pada wanita dapat berupa keputihan berwarna kuning kehijauan, kental dan encer, dan berbau amis. Sedangkan pada pria dapat muncul cairan putih pada penis disertai nyeri saat kencing.Infeksi saluran kemih dapat menimbulkan komplikasi jika tidak ditangani. Untuk itu sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dan disarankan untuk membawa pasangan Anda untuk ikut serta dalam pengobatan.Pencegahan terjadinya penyakit ini, yaitu:
  • Setia terhadap satu pasangan atau tidak berganti-ganti pasangan hubungan intim.
  • Gunakan kondom saat berhubungan intim.
  • Jika merasa telah terinfeksi dan sudah berobat, maka pasangan juga harus mendapatkan pengobatan agar tidak tertular kembali. Dan sebaiknya melakukan hubungan seksual setelah selesai menjalani pengobatan.
Semoga lekas membaik.Salam Sehat. dr. Riani AZ
penyakit kelaminpenyakit menular seksualgonorrhea
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil