Apakah cairan praejakulasi dapat menyebabkan kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok sya mlakukan petting tepat 1 hr sblum ovulasi. Dan kmungkinan ada cairan praejakulasi kluar tpi hnya diluar vagina. Apakah bsa mmbuat hamil? Saya sdh 1 bulan lbh tdk mens dan 2x tespek negatif. Tapi sya srng sakit punggung, pinggang, perut stlh makan, sendawa, mimisan jg, keputihan warna putih susu banyak Apakah sy hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Seperti yang kita ketahui, untuk terjadi proses kehamilan, perlu adnaya sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita. Untuk dapat memudahkan kedua sel tersebut bertemu maka perlu dilakukan ejakulasi di dalam organ reproduksi wanita (vagina). Satu sel sperma yang baik dan sehat saja sudah bisa menyebabkan kehamilan. Pada cairan praejakulasi juga bisa terdapat sperma, oleh karena itu tetap dapat menyebabkan kehamilan.

Secara normal siklus menstruasi wanita adalah 21 hari hingga 35 hari. Siklus menstruasi ini dihitung dari hari pertama Anda menstruasi pada periode ini sampai dengan hari pertama Anda menstruasi kembali pada periode berikutnya. Kehamilan seringkali dikaitkan dengan terlambatnya siklus menstruasi. Padahal, terdapat beberapa penyebab yang bisa menjadikan siklus menstruasi tidak lancar.

Adapun diantaranya yaitu:

Terkait dengan keluhan sakit perut, mual muntah dan bersendawa bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem pencernaan Anda, seperti peningkatan asam lambung yang berlebih. Tindakan yang dapat Anda lakukan adalah dengan berusaha makan tepat waktu, konsumsi makanan bergizi, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, hindari stres, lakukan istirahat cukup.

Bila siklus menstruasi masih tidak lancar, keluhan dirasa belum membaik, sebaiknya periksakanlah diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
27 Jul 2020, 14:42
Dok misal jari yg terkena cairan pra ejakulasi masuk ke vagina yg dlm masa subur apakah bisa hamil, dan juga apakah sperma di cairan pra ejakulasi yg menempel di tangan bisa hidup
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
29 Jul 2020, 04:42
Selamat pagi,
Sperma yang berada di luar tubuh dapat bertahan kurang lebih 30 menit. Umumnya membutuhkan proses dorongan yang dihasilkan dari ejakulasi untuk sperma dapat membuahi sel telur dalam alat reproduksi wanita maka peluangnya kecil. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan bekonsultasi secara langsung dengan dokter.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.