cairan kuning masih keluar berbau keras pasca lahiran sudah 3 bulan

I Info Penanya: I, Wanita, 29 Tahun
Saya sudah 3 bulan habis lahiran..Tapi sampai sekarang masih keluar cairan berwarna kuning.awal ny berbau keras,sekarang sudah tidak berbau lagi..Apakah itu normal dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam I

Keluarnya cairan pada masa nifas wanita yang telah melahirkan adalah normal, biasanya cairan nifas/ lokia akan keluar hingga 42 pasca melahirkan. Kondisi pengeluaran cairan  berwarna kuning jika sampai 3 bulan menandakan adanya masalah lain seperti sisa hasil persalinan yang belum bersih keluar, penyakit radang panggul dan infeks menular seksual.

Infeksi radang panggul sering terjadi disertai pengeluaran cairan kuning, biasanya kuman disekitar alat kelamin masuk kedalam vagina dan menyebar ke organ dalam panggul yang membuat nyeri pada pinggul dan pinggang. Selain itu cairan kuning juga dapat terjadi kondisi infeksi menular seksual gonorhea, klamidia.

Saya sarankan agar anda membersihkan alat kelamin dari cairan kuning tersebut, hindari pemakaian sabun cebok dan perbanyak minum air serta olahraga. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi rahim anda.

Selam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa jenis infeksi menular seksual, yang bisa ditularkan melalui ciuman, seperti herpes, CMV, dan sifilis

Waspadai Jenis Infeksi Menular Seksual yang Dapat Berpindah Karena Ciuman Berikut

Ciuman menjadi simbol keintiman dalam sebuah hubungan. Walau begitu, Anda harus berhati-hati dengan beberapa jenis infeksi menular seksual, yang bisa dapat berpindah melalui ciuman. Tentunya risiko ini dapat terjadi, jika Anda sering berganti pasangan, atau mencium orang yang tak diketahui riwayat kesehatannya.