15 Dec 2020, 15:43Kandungan

Penyebab kelebihan cairan di dalam kepala janin

HR
Info Penanya: HR0
Pada saat usia kehamilan saya 7bulan janin saya dinyatakan adanya kelebihan cairan di dalam kepala janin saya . Saat saya kontrol kembali pada usia 8bulan katanya sudah membaik dan saat ini usia kandungan saya 9bulan dok dan saya sudah melakukan usg hasilnya lingkar kepala janin saya lebih besar dari normalnya untuk hasilnya seperti B
464 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo HR,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan merupakan sebuah anugrah terlebih kehamilan ini dinanti selama bertahun-tahun lamanya. Salah satu cara yang dilakukan untuk melakukan pemeriksaan serta pemantauan perkembangan janin adalah dengan melakukan USG. Selain untuk melihat perkembangan janin, mendeteksi detak jantung, melihat jenis kelamin, dan kelainan pada janin, USG juga dapat menilai lingkar kepala janin untuk mendeteksi apakah kelebihan cairan atau tidak.

Penyebab kelebihan cairan di dalam kepala janin

Penyebab kelebihan cairan di dalam kepala janin yang disebut dengan hidrosefalus antara lain :
  • Produksi cairan otak yang terlalu banyak.
  • Penyerapan cairan otak yang tidak sempurna.
  • Perkembangan otak yang tidak baik sehingga penyerapan menjadi terganggu.
Pemeriksaan lingkar kapala yang dapat berubah-ubah dikarenakan janin yang terus berkembang, janin yang bergerak saat dilakukan pemeriksaan, janin yang tertutupi oleh cairan ketuban. Untuk itu, terus kontrol ke dokter kandungan dan lihat perkembangan janin Anda melalui USG ya, serta selalu bandingkan ukuran kepala normal janin saat diperiksa dengan ukuran seharusnya. Tetap konsumsi vitamin kehamilan seperti zat besi, asam folat, kalsium, vit c, dan terapkan pola hidup sehat, hindari stress. Semoga Ibu dan janin sehat selalu.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan kandunganhidrosefalususg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil