22 Oct 2020, 23:14Pernapasan

cairan diparu paru karena tb paru

FF
Info Penanya: FF0
saya kan penderita tb paru dan sudah dinyatakan sembuh . nmun hasil rontgen kemarin masih ada sisa cairan diparu paru saya , tapi kata dokter gapapa saya cuman dikasih obat spironolakton , concor dan methyprisodolone. apakah cairannya bisa bersih ya
295 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang FF,Cairan pada paru atau istilahnya efusi pleura adalah kondisi dimana terjadi penumpukan cairan pada paru tepatnya diantara rongg dada dan membran pelapis paru. Penumpukan cairan sendiri bisa menyebabkan beberapa gejala seperti:
  • Batuk-batuk
  • Sesak napas
  • Demam
  • Nyeri pada bagian dada
  • Napas cepat
Penyebabnya sendiri beragam bisa karena masalah jantung, bisa karena gangguan hati, infeksi paru seperti tuberkulosis, pneumonia, masalah kadar albumin, ataupun masalah lainnya. Apabila saat ini sedang menjalani pengobatan tb paru pengobatan perlu tetap dilanjutkan sampai tuntas. Penanganan efusi pleura sendiri tergantung dari seberapa banyak cairan yang menumpuk, bisa dilakukan pemberian obat, dilakukan tindakan pemasangan selang di dinding dada, pengambilan cairan di dada atau thoracentesis, ataupun operasi jika diperlukan. Jika cairan hanya sisanya saja maka anak bisa dibantu dengan obat untuk membersihkannya. Kontrol pada dokter yang menangani Anda apabila keluhan kembali memberat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit paru-parutuberkulosispenumpukan cairan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil