Apakah normal keluar cairan bening sebelum BAK?

IA Info Penanya: IA, Wanita
Halo dok, maaf saya ingin bertanya tentang organ intim, saya mendapat kasus, keluarnya sedikit cairan bening sebelum kencing, apa maksud dari itu ya dok? cairan yang keluar sangat sangat sedikit, berwarna bening, dan sama sekali tidak ada mengalami gejala apapun, sperti gejala infeksi sifilis atau gonore, keadaan tubuh dan kondisi sangat sangat sehatt, serta pola hidup yang memang hygiene, mungkin bisa dijelaskan apa maksud dari keluarnya cairan bening yng sedikit itu dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Cairan bening yang keluar sebelum BAK bisa jadi itu merupakan cairan yang keluar dari dalam vagina atau keputihan yang normal. Kondisi ini merupakan kondisi yang wajar terjadi pada setiap wanita.

Selain cairan vagina, kemungkinan penyebab yang lain yaitu adanya infeksi saluran kencing, penyakit kelamin (klamidia, gonore), irritable bowel syndrome (gangguan pencernaan), batu ginjal, radang usus besar, dan kanker kandung kemih.

Jika cairan bening tersebut tidak berwarna, tidak berbau, tidak berbusa, tidak nyeri saat BAK, tidak terasa gatal, dan tidak berdarah, maka Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini bukan hal yang berbahaya. 

Namun, untuk memastikan kondisi Anda ini, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan juga tes urine. Sehingga lewat pemeriksaan tersebut dapat diketahui secara pasti apa penyebabnya dan bagaimana penanganan yang tepat. 

Walaupun begitu, Anda harus tetap menjaga kebersihan organ intim Anda dengan cara rajin membersihkan organ intim sehabis BAK, lap organ intim dengan handuk sehabis cebok, minum air putih yang banyak, menggunakan pakaian dalam berbahan katun, makan makanan yang bergizi, dan tidak menunda keinginan untuk BAK. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh IA
12 Jun 2020, 15:09
maaf dok, namun kasus ini saya temui pada pria dok bukan wanita
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
13 Jun 2020, 14:34
Selamat siang IA,
Mohon maaf sebelumnya karena terlampir data bahwa Anda seorang wanita. Bila pada laki-laki bisa saja akibat cairan yang diproduksi kelenjar prostat, infeksi saluran kemih atau adanya infeksi menular seksual. Lakukan pemeriksaan ke dokter urologi untuk memastikan penyebabnya.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan saat hamil tua adalah normal

Mengenal Penyebab Keputihan saat Hamil Tua dan Cara Mengatasinya

Keputihan saat hamil tua merupakan suatu kondisi yang normal. Keputihan saat hamil yang normal memiliki tekstur yang tipis, berwarna bening atau putih, dan tidak terlalu berbau.