25 Dec 2020, 17:41Kandungan

Mengapa terdapat cairan bebas pada USG?

SK
Info Penanya: SK0
Saya di usg hasilnya ada cairan bebas bagaimana cara menghilangkannya atau makana apa yg bisa mwnimbulkan cairan karena setelah berhubungan saya aelalu keluarin cairan
8587 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SKTerima kasih atas pertanyaannya.Cairan bebas pada USG dapat terjadi pada bagian cavum douglas.  Cairan ini normal terjadi dengan volume sekitra 1-5 ml terutama pada saat ovulasi dan menstruasi.  Namun jika disertai keluhan seperti nyeri pada perut, keputihan berbau, serta perdarahan yang abnormal maka kondisi tersebut perlu penanganan lanjutan.

Penyebab adanya cairan bebas :

  • Kehamilan ektopik yaitu kehamilan di luar kandungan. Seringnya terjadi pada saluran tuba.  Akan disertai rasa nyeri yang hebat dan perdarahan abnormal.
  • Fibroid rahim yaitu tumor jinak pada rahim.
  • Endometriosis yaitu adanya jaringan yang tumbuh di luar dari rahim. Akan menyebabnya nyeri pada perut, nyeri berlebih saat menstruasi, serta perdarahan di luar siklus.
  • Peradangan panggul akibat infeksi yang masuk melalui vagina.
Untuk mengatasi cairan bebas perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya karena berbeda-beda pada setiap penyebab.  Untuk itu, kontrol rutin dengan dokter kandungan agar dapat dievaluasi cairan bebas tersebut.  Dengan pemeriksaan USG tidak dapat ditentukan jenis cairan sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan jika memang cairan bebas melebihi batas seharusnya.Cairan yang keluar setiap berhubungan bisa dikarenakan cairan pelumas vagina yang normal terjadi saat berhubungan , sisa sperma ataupun keputihan.  Selama tidak disertai keluhan maka hal ini normal terjadi. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
penyakit rahimradang panggulendometriosiskehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil