TANYA DOKTER

Cacar air dan perawatannya

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Andre Zaini

Selamat pagi, S

Terimakasih untuk pertanyaannya

Sebetulnya cacar air tidak ada pengobatan yang bersifat efektif hanya bersifat supportif atau mengurangi gejala. Misalnya gejala demam, gatal atau pusing. Dan perjalanan penyakitnya biasanya tidak lebih dari 1 minggu.

Virus cacar menular melalui udara, misalnya dari batuk atau bersin. Kemudian menular ke orang lain yang tidak kebal dan daya tahan tubuh rendah. Sehingga pencegahannya hanya bisa dengan vaksinasi agar gejala cacar yang keluar tidak terlalu berat. Sementara masih ada ruam berisi cairan dan belum kering maka masih dapat menulari orang lain.

Penderita cacar harus banyak minum dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga tidak mengalami dehidrasi / kekurangan cairan. Ada juga obat antivirus yang bisa diresepkan dokter untuk membantu menekan gejala dari cacar. Perawatan kulit agar tidak banyak digaruk dan bisa mengakibatkan infeksi sekunder dari bakteri

Demikian penjelasan dari saya, sebaiknya evaluasi langsung dengan Dokter langganan anda untuk mendapat terapi yang sesuai.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top