Cabut gigi apa perlu swab covid?

SU Info Penanya: SU
selamat malam,saya mau cabut gigi sdh periksa ke Dokter.apakah harus check SWAB?terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Gigi yang berlubang tentunya perlu segera ditangani, karena selain nyeri, gigi berlubang yang diabaikan akan menyebabkan lubang semakin besar dan bisa mengalami gigi patah. Semakin besar lubangnya maka akan semakin sulit ditambal, dan bila sudah tidak memungkinkan untuk ditambal, maka dengan terpaksa dokter gigi akan mencabutnya.

Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, memang banyak tindakan kedokteran yang tidak bisa dilakukan, atau bisa dilakukan dengan syarat-syarat tertentu.

Swab covid atau PCR adalah metode pemeriksaan untuk mendeteksi seseorang terinfeksi infeksi virus corona atau tidak.

Perihal haruskah seseorang melakukan swab covid sebelum menjalani prosedur cabut gigi, tentunya tergantung kebijakan masing-masing fasilitas kesehatan yang ada di tempat Anda. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan Anda tidak terinfeksi corona yang bisa menularkan ke dokter gigi selama proses pencabutan gigi.

Lakukan konsultasi dengan dokter gigi via telepon untuk memastikannya sebelum tindakan, mengingat pemeriksaan PCR membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengeluarkan hasilnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memilih pasta gigi untuk gigi berlubang, perhatikan kandungan floridenya

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Gigi Berlubang yang Tepat

Pasta gigi untuk gigi berlubang harus mengandung fluoride agar bisa maksimal melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang. Selain melihat kandungan fluoride, Anda juga harus memeriksa kandungan lainnya saat memilih pasta gigi yang paling tepat sesuai kondisi.