17 Jun 2020, 14:48Gigi & Mulut

Sakit gigi karena gigi yang berlubang, apakah tindakan yang dapat saya lakukan?

K
Info Penanya: K, Wanita0
Dok, saya mengalami gigi berlubang di bagian kanan bawah yg juga mengalami nyeri, pada saya konsultasi ke dokter gigi..saya diberi pilihan untuk dirawat atau di cabut. Kemudian saya memilih untuk dicabut. Apakah pilihan saya tepat dan apakah ada dampak serius jika gigi saya dicabut terutama diusia saya yang masih 18 tahun.
13115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, KTerima kasih atas pertanyaan Anda.Gigi yang kuat, bersih, putih, rapi dan tidak berubang adalah impian setiap orang. Selain salah satu fungsinya untuk membantu mengunyah makanan, gigi juga mempunyai nilai estetika tersendiri bagi penampilan seseorang. Seseorang dengan gigi yang sehat, akan merasa lebih percaya diri saat tersenyum, tertawa atau saat berbicara. Gigi berlubang adalah kondisi dimana terdapat lubang pada gigi yang disebabkan oleh adanya sisa makanan yang tertinggal pada gigi dan memicu bakteri pada mulut untuk mengashilkan zat asam. Zat asam dari bakteri mulut tersebut menimbulkan plak pada gigi, yang mana dalam kurun waktu tertentu akan menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Adapun tanda serta gejala dari gigi berlubang adalah:

  • Adanya bercak berwarna keabuan atau kehitaman pada gigi
  • Adanya lubang pada gigi
  • Sakit gigi
  • Gigi sensitif
  • Bengkak pada gusi
  • Bau mulut
  • Rasa tidak nyaman pada mulut (seperti ada yang mengganjal dan sebagainya)
Tindakan yang dapat diilakukan oleh dokter gigi pada gigi berlubang bermcam-macam tergantung dari kondisi gigi. Mulai dari memberikan lapisan flouride, melakukan penambalan pada gigi yang berlubang, melakukan perawatan pada akar gigi, hingga mencabut gigi tersebut. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan keluhan Anda ke dokter gigi terdekat, diskusikan tindakan mana yang sebaiknya dilakukan untuk kondisi Anda.Beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya gigi berlubang adalah dengan menggosok gigi setelah makan, gunakan sikat dan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi Anda, jaga kebersihan mulut, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan, perbanyak sayur dan buah-buahan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
kesehatan gigisakit gigigigi sensitifgigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil