Apakah gigi yang dicabut bisa tumbuh kembali?

J Info Penanya: J, Pria, 18 Tahun
Dok umur saya 18, tapi punya gigi berlubang bawaan dari kecil, kalo gasalah pas waktu TK/SD, tapi ga keganti ganti sama gigi baru, kalo dicabut apakah tumbuh kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam J,

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang paling umum terjadi, seringkali gigi berlubang tidak disadari saat masih tidak terlalu besar ataupun dibiarkan sampai akhirnya menimbulkan rasa nyeri.

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh beragam penyebab seperti:

  • Kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga baik
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman manis berlebihan
  • Kebiasaan merokok
  • Cara menyikat gigi yang kurang baik
  • Penyakit asam lambung atau GERD sehingga memicu suasana mulut lebih asam
  • Penyebab lainnya

Pencabutan gigi

Apabila ada gigi berlubang yang telah lama terjadi, bisa sudah hanya menyisakan akar gigi dan perlu dilakukan tindakan pencabutan. 

Setelah dilakukan pencabutan, jika yang dicabut adalah gigi tetap maka tidak akan kembali tumbuh gigi dan perlu dilakukan pemasangan gigi palsu. Tetapi jika yang dilakukan pencabutan gigi bungsu maka ada kemungkinan bisa kembali tumbuh. Untuk memastikannya perlu juga dilakukan pemeriksaan foto rontgen.

Untuk itu periksakan kondisi gigi Anda pada dokter gigi terdekat untuk dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi gigi apakah masih bisa dilakukan penambalan ataupun perlu dilakukan pencabutan gigi serta perawatan gigi lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cabut gigi geraham memerlukan beberapa pertimbangan

Memahami Prosedur Cabut Gigi Geraham dan Risikonya

Cabut gigi geraham dapat dilakukan dengan cara sederhana maupun operasi gigi. Banyak faktor yang memengaruhi keputusan ini, mulai dari sakit gigi hingga ada atau tidaknya infeksi.