Ada lubang pasca operasi gigi bungsu?

KC Info Penanya: KC, Pria, 1 Tahun
Dok saya satu dapat 7 hari oprasi abut gigi bungsu dan tadi pelepasan jahitan tapi di gusi ada sebagian kecil masih bolong belum menutup apakah ini bisa menutup sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KC, 

Operasi gigi bungsu adalah tindakan yang dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkan gigi geraham bungsu yang bisa terjadi gangguan pertumbuhan seperti tumbuh miring atau ke arah yang tidak tepat yang disebut dengan impaksi gigi bungsu.

Setelah dilakukan operasi bisa meninggalkan bekas luka selama masa penyembuhan. Hal tersebut adalah wajar, jadi tidak perlu dikhawatirkan. Perlu menjaga kebersihannya agar tidak menimbulkan risiko terjadinya infeksi. Sikat gigi teratur dan berkumur dengan obat kumur. Minum obat yang diberikan oleh dokter sesuai dengan anjuran.

Jika timbul bengkak, nyeri gigi, dan juga adanya peradangan atau bernanah maka bisa menunjukan adanya infeksi yang perlu segera ditangani. Lakukan juga kontrol kepada dokter gigi yang melakukan tindakan. 

Jaga juga asupan makanan agar tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas, makan-makanan bernutrisi dan perbanyak minum air putih agar membantu proses penyembuhan luka. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Abrasi gigi dapat ditangani dengan melakukan penambalan atau pembuatan mahkota pada gigi

Selesaikan Masalah Abrasi Gigi Anda dengan Penanganan Ini

Abrasi gigi biasanya disebabkan karena menyikat gigit atau pengunaan tusuk gigi yang salah. Meskipun dapat ditangani dengan penambalan atau pembuatan crown gigi, abrasi gigi dapat dicegah dengan menghilangkan kebiasaan buruk saat menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut.