Buta mata sebelah termasuk derajat disabilitas tingkat apa?

A Info Penanya: A
Siang Dok kalau mata sebelah itu buta atau tak melihat itu masuk derajat diaabilitas tingjkat apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Buta termasuk pada disabilitas fisik yaitu kelainan indera penglihatan atau istilahnya tuna netra. Tuna netra sendiri dibagi dua yaitu buta total ataupun low vision dimana menurut klasifikasi WHO buta sendiri yaitu apabila tajam penglihatan kurang dari 3/60 dimana orang normal bisa melihat acungan jari dari jarak 60 meter sedangkan penderita hanya bisa melihat dari jarak kurang dari 3 meter dan lapang pandang kurang dari 10 derajat dan buta total jika penglihatan sama sekali tidak bisa mempersepsikan cahaya atau no light perception.

Jika buta sebelah maka perlu dinilai kemampuannya juga untuk melakukan aktivitas dan sikap, apakah memerlukan alat bantu atau tidak, ataupun apakah memerlukan bantuan orang lain dan butuh lingkungan khusus. Disabilitas yang paling berat sendiri adalah tidak mampu penuh melaksanakan kegiatan sehari-hari meskipun dibantu penuh orang lain.

Jika buta sebelah dan mampu melaksanakan aktivitas atau mempertahankan sikap dengan kesulitan maka derajat disabilitasnya derajat 1. Hal ini berpatokan pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 104/MENKES/PER/II/1999 tentang rehabilitasi medik. Untuk itu apabila memerlukan surat keterangan disabilitas dapat dilakukan pemeriksaan dan penetapan derajat disabilitasnya di puskesmas atau rumah sakit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merawat kecantikan di pagi hari dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya adalah minum air putih

Berbagai Tips Merawat Kecantikan di Pagi Hari

Mencuci muka saja tidaklah cukup untuk mebantu membuat kulit wajah segar dan sehat. Untuk merawat kecantikan di pagi hari, Anda dapat berolahraga secara rutin, melakukan eksfoliasi, menghindari pemakaian makeup berlebihan, dan rajin menghidrasi kulit.