Bunga asoka baik untuk kesehatan benarkah?

SK Info Penanya: SK
Dok, mama saya menyarankan saya untuk menanam bunga asoka di halaman. Katanya bunga ini baik untuk kesehatan, memangnya benar ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

Tanaman asoka atau bahasa latinnya adlah Polyathia sp. memiliki beberapa spesies dimana ada yang dijadikan tanaman hias seperti yang banyak tumbuh dan berbunga ataupun yang hanya berupa tanaman seperti Polyathia longifolia.

Di beberapa negara seperti India dan Nepal tanaman ini disakralkan. Tanaman asoka sendiri juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan baik dari daun, batang, bunga ataupun bijinya. Dipercaya baik untuk kesehatan kulit, darah tinggi, pencegahan kanker, merelaksasi pikiran, mengatasi stres, pereda nyeri dan lainnya.

Meskipun begitu manfaat kesehatan ini masih perlu dilakukan banyak penelitian untuk membuktikan khasiatnya. Untuk bunga asoka sendiri dipercaya memiliki sejumlah kandungan seperti:

  • Zat besi
  • Protein
  • Steroid
  • Tanin
  • Flavanoid

Beberapa mengolah bunga asoka sebagai teh dimana bunga dihancurkan dan diseduh dengan air. Tapi perlu diperhatikan jika memiliki masalah kesehatan lain agar tetap memeriksakan diri dan menghindari penggunaan herbal atau pengobatan alternatif untuk kondisinya.

Jika timbul reaksi alergi, masalah pencernaan, ataupun masalah kesehatan lain agar bisa menghentikan mengonsumsi bahan herbal atau pengobatan alternatif yang digunakan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat kelapa bakar yang digembar-gemborkan sebenarnya sama dengan manfaat kelapa segar.

Ini Salah Kaprah Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan

Manfaat kelapa bakar dipercaya mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Namun tahukah Anda, tanpa melalui proses pembakaran sekalipun, buah kelapa segar pun sudah memberikan manfaat tesebut.