09 Sep 2021, 21:32Psikologi

Tekanan dari sekitar menyebabkan depresi

AK
Info Penanya: AK0
Dok, kayaknya org" di sekitarku lbh senang kalau aku mati mereka selalu bilang, 'gue udah berkorban berkali kali lipat buat lu, lu nggak tau terimakasih, lu salah, lu selalu gini gitu' semua mua salah ku dok. aku selalu mikir, kalau kalian nggak ikhlas berkorban, kenapa dulu kalian mempertahankan gw, kalau gw pembawa sial knp keukeuh keep gw? gw pembawa sial, selalu salah. lepas aja gw, sekarang gw belum bisa mati cepet,
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Sering mengalami tekanan dari orang sekitar atau sering merasa tertekan memang dapat menyebabkan keterpurukan yang akhirnya menjurus pada depresi. Kondisi depresi umumnya dimulai dari stres yang tidak segera ditangani hingga mempengaruhi kondisi mental selama lebih dari 2minggu. Orang yang depresi akan timbul rasa tidak berguna, selalu kelelahan, merasa sedih dan tidak dihargai, sehingga cenderung menyalahkan diri sendiri dan menyendiri.

Mengatasi gejala depresi 

Orang dengan depresi memiliki gejala awal kehilangan minat untuk beraktivitas meskipun kegiatan tersebut merupakan hobbynya dan yang terburuk adalah muncul keinginan untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri sebagai bentuk pelampiasan atau pelarian. Untuk mengatasi keluhan ini, memang harus dimulai dulu dari diri sendiri, lakukan detoksifikasi dari pengaruh-pengaruh buruk atau jika memang diperlukan jagalah jarak dengan orang-orang yang merugikan Anda.Jika dengan menjauhi orang-orang tersebut tidak memperbaiki keadaan, cobalah untuk mencari orang lain yang bisa Anda percayai dan lebih membuka diri kepada orang tersebut untuk membantu Anda keluar dari situasi saat ini. Orang yang Anda percaya dapat merupakan teman, keluarga, atau bahkan psikiater. Anda juga dapat menyalurkan energi Anda ke hal yang positif misalnya berolahraga dan atur pola istirahat yang cukup agar kesehatan mental Anda dapat lebih baik. 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
mengatasi depresikesehatan mentalstres
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil