29 Aug 2021, 14:44Kandungan

Apakah posisi tidur menyebabkan sesak saat hamil?

N
Info Penanya: N, Wanita, 23 Tahun
Dok saya sedang hamil 7 bulan . Dari pas usia kndungan 4bln, kalo saya tidur miring ke kiri lama-lama dada bagian bawah payudara pas tulangnya itu sakit sekali kadang bikin sesek juga . Itu kenapa ya dok ? Padahal ibu hamil dianjurkan tidur miring ke kiri tapi saya lebih nyaman miring ke kanan bahkan kadang juga terlentang . Apakah saya harus tetap tidur miring ke kiri dok ?
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaannya.Nyeri pada dada serta sesak pada kehamilan merupakan hal yang umum terjadi.  Bisa karena faktor penekanan akibat perubahan rahim ataupun penyakit yang menyertai.  

Penyebab nyeri dada dan sesak saat berbaring : 

  • Tekanan dari rahim yang mulai membesar sehingga pada posisi tertentu akan menekan diafragma sehingga timbul rasa kurang lega saat bernapas. 
  • Asam lambung yang naik ketika pola makan tidak terjaga. 
  • Faktor kelelahan, stres, dan sering begadang. 
  • Riwayat asma ataupun infeksi saluran napas.  
Terkait posisi tidur pada Ibu hamil dapat berbeda-beda tergantung umur kehamilan ataupun adanya obesitas dan penyakit penyerta seperti asam lambung.  Posisi tidur yang kurang baik memang dapat menimbulka ketidaknyamanan.  Posisi yang disarankan memang miring ke kiri karena saat posisi ini peredaran darah dan oksigen ke janin tidak terganggu serta tidak menekan organ lambung dan hati.  Sedangkan miring ke kanan dapat menimbulkan penekanan pada hati dan posisi telentang pada trimester akhir dapat membuat penekanan pada diafragma sehingga menimbulkan sesak.  Sementara ini anda dapat mencoba gunakan bantal lebih banyak saat miring ke kiri sehingga bagian atas tubuh lebih tinggi dari bawah tubuh.  Lalu bantal juga dapat diselipkan di antara kaki serta pada bagian perut.  Bila tidak ada perubahan, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk penanganan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilankehamilansesak napasnyeri dadatrimester ketiga kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil