Kenapa saat hamil selalu muntah-muntah?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 1 Tahun
kenapa ibu hamil ketika makan makanan sesuatu selalu muntah muntah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BB,

Muntah saat hamil adalah merupakan salah satu gejala yang bisa timbul karena perubahan hormonal di awal masa kehamilan. Muntah dan mual sendiri sering kali dirasakan saat pagi hari yang dikenal dengan istilah morning sickness. Keluhan ini biasanya akan mulai berkurang saat memasuki trimester kedua.

Jika keluhan muntah terus menerus lewat dari trimester pertama hingga menimbulkan gangguan cairan tubuh, sulilt mendapat asupan nutrisi maka bisa masuk pada kondisi yang disebut dengan hiperemesis gravidarum yaitu kondisi yang bisa disertai gejala mulai dari mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, pusing, dan juga bisa ada penurunan berat badan.

Jika terjadi hal demikian ada kemungkinan perlu mendapatkan penanganan khusus, baik rawat jalan ataupun rawat di rumah sakit jika terjadi dehidrasi ataupun sulit masuk cairan dan makanan. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi mual diantaranya adalah mengonsumsi jahe, merubah pola makan menjadi makan sedikit dengan porsi kecil tetapi sering, hindari makanan yang merangsang mual, bisa mengonsumsi vitamin B1 dan B6, ataupun juga dengan mengonsumsi obat dari dokter. Untuk itu jika keluhan terus menerus timbul perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi muntah menyembur dapat menyebabkan dehidrasi

Waspadai Muntah Proyektil: Bayi Muntah dan Menyembur dalam Jumlah Banyak

Bayi muntah ASI adalah hal yang wajar karena sistem pencernaan bayi belum berkembang sempurna. Namun jika muntahnya banyak dan menyembur, ini merupakan ciri-ciri dari muntah proyektil.