Apa fungsi bulu kemaluan?

FH Info Penanya: FH, Pria, 19 Tahun
Dok..bulu kemaluan saya sampai ke batang itu apa normal ya,,dan sebabnya apa ya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Rambut kemaluan adalah rambut yang tumbuh di sekitar kemaluan. Umumnya hanya bertumbuh di daerah buah pelir saja. Tidak sampai ke batang atau penis. Rambut kemaluan ini muncul saat seseorang masuk ke masa pubertas dan sebagai tanda kedewasaan seseorang.

Fungsi dari rambut kemaluan yaitu:
  • Melindungi organ intim dari iritasi kulit akibat gesekan pakaian dalam secara langsung. Bisa juga mengurangi iritasi kulit saat berhubungan seksual.
  • Melindungi organ intim dari bakteri berbahaya.
  • Mencegah terjadinya infeksi seperti selulitis, infeksi menular seksual, infeksi saluran kemih.

Kondisi tumbuhnya rambut kemaluan pada penis Anda sebenernya merupakan kondisi yang tidak wajar. Ketika Anda nanti akan menikah, jika dibiarkan, rambut itu dapat membuat iritasi pada vagina sehingga timbul lecet dan infeksi. Untuk itu, rambut yang tumbuh di batang penis Anda, harus dihilangkan. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit kelamin agar diberikan obat untuk merontokkan atau menghilangkan rambut tersebut.

Namun walaupun begitu, rambut yang tumbuh di daerah kemaluan harus dirawat. hal ini bertujuan agar terhindar dari rasa gatal, infeksi, kutu kelamin, jamur, dll. Cara merawat bulu kemaluan adalah dengan membersihkannya secara rutin menggunakan sabun dan dikeringkan dengan handuk. Disarankan agar Anda tidak mencukur rambut kemaluan. Jika dirasa perlu untuk dicukur, gunakan pisau cukur yang bersih dan lakukan dengan hati-hati.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Entah alat cukur elektrik maupun manual, pastikan selalu kebersihan tangan dan alat yang digunakan, sebelum mencukur rambut kemaluan

Mencukur Rambut Kemaluan, Latah karena Tren atau Memang Perlu?

Mungkin Anda bingung perlukah mencukur bulu kemaluan yang sudah panjang dan tebal? Memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan atau tidak adalah 100% hak Anda.