Bulu kemaluan apakah boleh dicukur?

CC Info Penanya: CC, Pria, 21 Tahun
Apakah bulu yang tumbuh di sekitar selakangan dan perut boleh di cukur habis dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore CC,

Bulu rambut kemaluan merupakan salah satu perubahan tubuh yan tampak pada masa pubertas atau pada saat memasuki usia remaja. Rambut kemaluan sendiri sebenarnya memiliki beberapa manfaat seperti mencegah iritasi seperti meredam gesekan dari pakaian yang bisa memicu iritasi pada kulit, melindungi dari bakteri, juga bisa mencegah infeksi pada kulit.

Meskipun begitu memang jika terlalu lebat bisa tampak kurang rapih, kurang menarik, ataupun juga bisa memicu beberapa gangguan seperti misalnya kutu rambut kemaluan. Untuk itu perlu dijaga kebersihannya.

Merapikan atau mencukur bulu rambut kemaluan sendiri boleh dilakukan, baik hanya dirapikan ataupun di cukur habis. Tetapi pada prosesnya perlu diperhatikan kebersihannya, karena jika tidak higienis bisa memicu infeksi folikel rambut, iritasi atau luka karena alat cukur ataupun juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Saat ini sudah cukup beragam metode yang bisa dilakukan untuk mencukur atau menghilangkan bulu rambut kemaluan seperti misalnya dengan pisau cukur, merapikan dengan menggunting, dilakukan waxing, hingga terapi dengan perawatan laser untuk mencegah bulu rambut kemaluan tumbuh kembali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CC
22 Feb 2020, 02:15
Oh y dok klau bulu di paha itu boleh di cukur juga t soal nya tumbuh lebat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telur kutu rambut yang membandel, bisa dihilangkan dengan minyak kelapa.

6 Cara Mudah Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Tentu Anda merasa terganggu jika memiliki banyak telur kutu rambut. Tak hanya menyebabkan gatal, telur kutu rambut pun merusak penampilan rambut. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai cara sederhana untuk menghilangkan telur kutu rambut.