Penyebab bulatan ungu di seluruh tubuh.

MJ Info Penanya: MJ, Pria, 22 Tahun
Permisi dok sebelumnyaa... Dok saya mau bertanya kawan saya punya penyakit bulatan di seluruh tubuh nya, di paha,badan dan bahu dan itu pun berwarna ungu kehitam hitaman, dan penyakit itu tidak gatal dan tidak ada hal hal lain pun, jadi gimana dok untuk bisa mengatasi nyaa, terima kasih dok....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MJ

Muncul bercak ungu pada tubuh dapat disebabkan oleh:

  • Gangguan darah: trombositopenia atau kadar trombosit yang rendah dapat menyebabkan kondisi ini. Trombosit memiliki fungsi untuk membekukan darah, jika kadarnya rendah maka darah akan sulit membeku dan menyebabkan pendarahan. Pendarahan di bawah kulit menyebabkan kulit menjadi keunguan Gejala lainnya yang dapat dialami adalah mimisan, adanya darah saat buang air besar dan buang air kecil, pada wanita dapat menyebabkan siklus haid yang lama.
  • Hemofilia: ini merupakan penyakit keturunan, gejalanya berupa gusi berdarah, BAB berdarah, urine berdarah, sering mimisan dan mudah memar.
  • Penyakit von Willebrand: ini juga merupakan penyakit keturunan. Pada kondisi ini tubuh tidak memproduksi protein untuk membekukan darah, sehingga gejalanya akan sering mimisan, pendarahan saat buang air kecil dan buang air besar, dsb.
  • Efek samping obat: Heparin adalah obat untuk mengencerkan darah, sehingga gejala yang muncul adalah pendarahan

Untuk memastikan kondisi tersebut, diharapkan segera ke dokter ya. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang.

Jangan menunda ke dokter, karena dikhawatirkan akan menjadi penyakit yang serius.

Semoga membantu

Salam sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batu apung ampuh usir kulit mati

Cara Menggunakan Batu Apung yang Benar dan Aman untuk Mandi

Batu apung sering digunakan untuk membersihkan sel-sel kulit mati dari tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan batu apung dengan cara yang salah justru berpotensi membuat Anda terkena infeksi kulit?