Bulan kemarin haid tanggal 28 Juli namun sampai saat ini belum haid, apa sudah bisa dikatakan hamil?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 25 Tahun
Dokter Saya ingin bertanya , bulan lalu saya haid tgl 28 juli dan berakhir tgl 4 agustus.. Tapi bulan ini sampai skrng sudah tanggal 31 agustus saya belum haid juga, Apa saya sudah bisa di katakan hamil ?Dan apa perlu saya melakukan tes menggunakan tespect ?Atau harus menunggu sampai nnti awal bulan september
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Telat haid bukan berarti positif hamil karena perubahan siklus haid itu termasuk hal yang umum terjadi pada wanita karena faktor yang berperan sangat banyak. Bisa dari kondisi emosi anda, apakah sedang banyak tekanan atau stres di kantor, rumah atau sekolah. Kemudian fisik anda juga berpengaruh apakah anda kurang istirahat, banyak bekerja lembur dan kurang memilki waktu untuk tidur. Bisa juga ada masalah bila anda olahraga secara aktif atau terjadi perubahan berat badan yang signifikan menjadi lebih gemuk atau lebih kurus.

Kapan anda bisa melakukan test pack? Dianjurkan melakukan test pack bila anda sudah telat haid lebih dari seminggu bahkan kadang satu atau dua minggu setelah berhubungan yang memiliki potensi hamil sudah dapat menunjukkan hasil positif. Karena test pack semakin lama semakin sensitif dan spesifik. Dan untuk melakukannya juga cukup mudah tinggal menampung kencing di pagi hari agar hormon kehamilan terakumulasi. Demikian penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembuahan yang terjadi saat ovulasi atau masa subur memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil

Cara Mengetahui Masa Subur untuk Merencanakan Kehamilan

Merencakan kehamilan adalah proses penting bagi Anda yang ingin segera hamil. Salah satu hal terpenting yaitu dengan mengetahui masa subur dan siklus menstruasi Anda, agar pembuahan yang baik dapat terjadi pada saat ovulasi.