Buku cetak atau ebook yang baik untuk anak?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, sudah beberapa minggu ini anak saya sedikit kecanduan membaca buku cerita digital karena visualnya yang menarik. Apakah ini baik untuk kesehatan anak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Tentu Anda sudah familiar dengan kutipan 'membaca adalah jendela dunia'. Dengan membaca, seseorang dapat belajar tentang hal-hal baru, meningkatkan pengetahuan tentang hal-hal yang sudah diketahui, juga me-refresh pikiran dengan buku-buku cerita ringan.

Di era digital ini, buku tak lagi berupa fisik yang terdiri dari lembaran kertas. Pada masa ini, buku digital atau e-book sedang naik daun. E-book memang memiliki banyak kelebihan, di antaranya praktis (bisa dibawa ke mana saja di dalam gadget), lebih ramah lingkungan, dan tampilannya bisa dibesar-kecilkan sesuka hati. Tetapi, ada juga kekurangannya, misalnya mengganggu tidur karena paparan blue light dari gadget yang bisa membuat mata lelah.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, anak boleh saja baca e-book, tetapi tetap batasi jam penggunaan gadget sampai pukul 20.00 saja, agar tidak mengganggu waktu tidur anak. Anda juga bisa ikut membaca bersama anak. Sebuah studi mengatakan, anak yang ditemani orang tua saat membaca akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari e-book tersebut.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis gangguan mental pada anak beragam, tergantung pada gejala gangguan mental pada anak

Berbagai Jenis Gangguan Mental pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gangguan mental pada anak memiliki jenis yang beragam, Gejala gangguan mental pada anak pun berbeda, tergantung dengan jenis gangguan mental yang dialami. Beberapa gangguan mental pada anak yang paling umum, di antaranya: gangguan kecemasan, ADHD, gangguan perilaku disruptif, gangguan afektif, dan lain-lain.