Bukan asma tetapi sesak napas

SC Info Penanya: SC, Wanita, 24 Tahun
Dok, saya sudah 2 kali sesak napas sejak pindah ke Jakarta 4 bulan lalu. Padahal sebelumnya saya tidak pernah seperti, Dok. Saat sesak, dada saya terasa sangat sakit . Saya sudah cek ke dokter tidak ada masalah pada jantung, tapi kenapa terasa sakit ya, Dok? Ulu hati juga sakit dan hampir seluruh tubuh sakitnya. Saya kenapa ya, Dok? Mohon penjelasannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SC,

Perlu diketahui, bahwa tidak semua sesak napas disebabkan oleh asma atau karena gangguan pada paru-paru. Sesak napas juga dapat timbul karena adanya gangguan di jantung tapi masalah ini telah disingkirkan oleh Dokter saat Ibu periksa.

Penyebab sesak napas lainnya adalah produksi asam dalam lambung yang meningkat, maka sering kali terjadi arus balik asam tersebut akibat gerakan peristaltik dari lambung dan alat pencernaan. Sehingga perasaan seperti terbakar di dada dan pangkal lidah dapat disebabkan karena iritasi yang dihasilkan oleh asam lambung tadi.

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab produksi asam lambung berlebih:

  • Makan terlalu cepat dan makan sambil berbicara
  • Makan makanan yang merangsang produksi asam lambung seperti asam dan pedas
  • Telat makan atau berdiet ketat
  • Stres berkepanjangan

Bila perut ibu termasuk sensitif, maka sebaiknya makan dalam porsi kecil saja namun sering. Bila sudah terlanjur kembung, Ibu dapat mengatasinya sementara dengan minum air hangat, air jahe hangat dan mengoleskan minyak ataupun balsem hangat di perut.

Jika kondisi ini sudah dirasa sangat mengganggu, sebaiknya Ibu segera berkonsultasi dengan Dokter Subspesialis Konsulen Gastro Entero Hepatologi (KGEH) di Rumah Sakit terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan yang tepat.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pilek adalah bentuk paling umum dari ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) bagi pemudik

Seputar ISPA, Penyakit yang Paling Banyak Diderita Pemudik

Selama masa mudik Lebaran lalu, Kementerian Kesehatan mencatat, penyakit yang paling banyak diderita oleh para pemudik adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) seperti pilek.