22 Mar 2020, 22:52Pernapasan

'Bubbly feeling' pada paru-paru, kenapa?

S
Info Penanya: S0
Halo dok, saya mau nanya kira2 kenapa ya paru2 kiri saya kalo lagi menghembuskan nafas kayak ada rasa 'bubbly feeling'nya gitu? akhir2 ini nafas saya lebih pendek2 dari biasanya dan agak sedikit sesak. terima kasih
20687 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, S.'Bubbly feeling' adalah perasaan timbul buih di paru-paru ketika bernapas. Biasanya, napas menjadi pendek dan cepat. Keluhan bisa disertai dengan gejala lain, seperti sesak atau nyeri dada. Penyebab keluhan ini bervariasi, mulai yang tidak berisiko sampai yang cukup serius.

Umumnya, 'bubbly feeling' disebabkan oleh:

  • Dispepsia, atau dalam bahasa awam dikenal dengan maag. Biasanya dirasakan sensasi tidak nyaman di perut dan mual, sehingga terkadang sesak napas.
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), ketika asam lambung naik ke tenggorokan dan menyebabkan sulit untuk bernapas, sehingga napas menjadi pendek-pendek.
  • Efusi pleura, yaitu terisinya pleura (selaput yang membungkus paru) dengan cairan. Cairan bisa berupa nanah ataupun darah.
  • Asma, yang biasanya disertai dengan napas berbunyi. Asma adalah penyakit yang diderita oleh seseorang yang memiliki genetik alergi.
  • Bronchitis, atau radang pada bronkus. Biasanya gejala disertai batuk atau demam.
  • Atrial fibrilasi atau denyut jantung tidak normal karena gangguan aliran listrik jantung
Untuk menangani kasus Anda, pertama-tama, perlu dicari tahu dulu apa penyebabnya. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait keluhan Anda, seperti durasi, lamanya, hal yang memperberat atau meringankan. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti radiologi dan rekam jantung apabila dibutuhkan.Untuk sementara, hindari dulu aktivitas yang membuat kelelahan ya. Mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan tidur teratur untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit paru-parusesak napasinfeksi paru-paru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil