13 Dec 2020, 17:30Kulit & Kelamin

Penyebab BAK sering dan terasa nyeri

SH
Info Penanya: SH0
Sering buang air kecil banyak tapi terasa perih,,,dan semenjak ini (2 hr) mr v saya ereksi berkurang
260 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi SH,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Organ intim pria yaitu penis selain digunakan untuk kegiatan seksual, digunakan pula untuk kegiatan perkemihan. Ini membuat risiko terjadinya infeksi saluran kemih semakin besar, terlebih jika kebersihan organ intim tidak dijaga dengan baik. 

Penyebab BAK sering dan terasa nyeri

Penyebab BAK sering dan terasa nyeri antara lain :
  • Infeksi saluran kemih akibat kumpulan bakteri yang masuk ke saluran kemih membuat penderita mengalami gejala kencing yang dirasakan tidak lampias, kencing secara terus menerus dan terasa perih serta panas, BAK berwarna keruh serta kemerahan, dapat pula diikuti demam. Infeksi saluran kemih ini dapat disebabkan kebiasaan menahan air kencing, duduk, dan berdiri dalam waktu yang lama, dan adanya batu di saluran kemih yang dapat menambah gejala rasa sakit yang tidak tertahakan hilang timbul saat terjadi pergerakan batu saluran kemih.
  • Pembesaran prostat tertama pada laki-laki berusia lanjut dapat disertai tidak bisa kencing sama sekali sehingga harus menggunakan alat cateter.
  • Penyakit menular seksual memberikan gambaran keluarnya nanah dari penis saat BAK, BAK terasa nyeri dan panas, serta dapat disertai keluhan demam. Pengobatan harus dilakukan oleh penderita dan pasangannya.
  • Iritasi pada penis akibat gesekkan maupun penggunaan sabun pada area penis. Keluhan dapat disertai bengkak dan memerah pada penis.
Penyebab ereksi berkurang yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh suatu penyakit seperti diabetes militus (sakit gula darah), obesitas, merokok, stroke, maupun psikologis akibat sering menonton video porno dan ketidakpuasan seksual terhadap pasangan.Untuk mengurangi gejala dan keluhan yang Anda alami, Anda dapat memeriksakan diri baik darah, maupun urin di dokter untuk mengetahui penyebab dan segera mengatasi penyebab yang ada. Selain itu Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, dan tidak berganti pasangan seksual, minum yang cukup, hindari duduk dan berdiri terlalu lama, jangan menahan kencing, dan kontrol rutin kesehatan Anda di dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
komplikasi diabetesinfeksi saluran kencingpenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil