BAK hitam apakah karena alkohol ?

MS Info Penanya: MS
Halo dok .saya mau tanya. Saya pernah minum-minuman keras dan bir beralkohol pada malam hari, lalu saya kencing di kloset. Pagi harinya saya lihat di kloset ada bekas hitam seperti jelaga yg menempel di dinding kloset sebatas air. Sudah 2 kali mengalami hal seperti itu. Tapi tidak selalu. Mohon penjelasannya dokter. Kirim jawaban ke [email protected] terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MS.

Buang air kecil (BAK) kehitaman dapat mengindikasikan adanya konsumsi beberapa jenis makanan atau minuman, konsumsi obat-obatan tertentu dan dapat merupakan indikasi dari suatu kondisi medis. Secara normal, warna urin berkisar antara bening hingga kuning muda. Hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah konsumsi air putih yang diminum perharinya. Apabila kebutuhan air putih tercukupi maka urin umumnya akan berwarna bening atau kuning pucat, dan sebaliknya apabila kurang, warna urin akan cenderung pekat.

Terkait dengan keluhan warna urin yang kehitaman dan riwayat konsumsi minuman beralkohol pada Anda, mungkin dapat berhubungan, terlebih lagi keadaan yang Anda alami bukan merupakan yang pertama kali Anda alami. Kendati demikian perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, khususnya pemeriksaan analisa urin untuk memastikan penyebabnya.

Untuk saat ini sebaiknya Anda menghentikan konsumsi minuman beralkohol dan memperbanyak konsumsi air putih perhari Anda. Untuk laki-laki dewasa yang tidak memilki riwayat penyakit jantung, konsumsi air putih baiknya mencapai 3.7 Liter/hari.

Hal yang perlu Anda waspadai yaitu jika keluhan yang Anda alami, menetap disertai dengan nyeri, karena dapat mengindikasikan kondisi medis tertentu seperti gangguan ginjal, gangguan pada hati serta kerusakan pada otot yang disebut dengan rhabdomiolisis.

Pada keadaan tersebut, Anda dapat memeriksakan diri pada dokter terdekat terlebih dahulu atau secara langsung kepada dokter Spesilais Urologi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hematridosis bisa terjadi jika seseorang merasa takut dan stres luar biasa.

Mengenal Kondisi Keringat Berdarah (Hematidrosis), Apa Penyebab dan Gejalanya?

Jangan anggap bahwa keringat berdarah hanya bisa terjadi di dalam film horor saja. Faktanya, fenomena keringat berdarah ada di dunia nyata. Kondisi ini disebut dengan nama hematidrosis.