Buang air kecil bernanah

HM Info Penanya: HM, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dokter, saya mengalami masalah pada buang air kecil dan bernanah, bisakah penyakit yang saya alami bisa sembuh? Dan cara pengobatannya bagaimana? Penyakit ini bisa dikatakan tergolong dalam HIV,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam HM

Kencing bernanah merupakan tanda infeksi menular seksual gonorhea. Penyakit ini disebabkan bakteri N.gonorhea yang tertular selama melakukan hubungan seksual berganti ganti pasangan beresiko. Pada seseorang yang terinfeksi gonorhea maka terjari peradangan dan infeksi pada uretra penis sehingga terdapat mikrolesi, jika berhubungan seksual dengan pasangan anda yang memiliki HIV, maka transmisi HIV dapat terjadi lebih cepat karena virus dapat masuk melalui luka infeksi gonorhea. 

Infeksi gonorhea dan HIV berbeda namun sering terjadi bersamaan karena merupakan penyakit menular seksual.

Untuk gonorhea biasanya dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik tertentu, sedangkan infeksi HIV sampai saat ini belum bisa disembuhkan. 

Saya sarankan agar anda menghindari hubungan seksual berganti pasangan yang dapat menularkan penyakit menular seksual. Pasangan seksual anda juga harus menjalani pengobatan. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter spesialis Urologi dan penyakit dalam untuk tatalaksana antibiotik kencing bernanah yang dicetuskan gonorhea tersebut. Untuk HIV anda juga harus melakukan pemeriksaan lab darah HIV dan melakukan konsultasi VCT HIV untuk tindak lanjut kedepan, jika hasil pemeriksaan HIV negatif sebaiknya di ulang lagi 3 bulan kemudian. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.