21 Sep 2021, 20:19Penyakit Lainnya

Cara membersihkan bokong yang tepat

PS
Info Penanya: PS0
Malam dok, mau nanya belakangan ini saat saya selesai buang air besar dan hendak ingin c*bok untuk membersihkan, air kencing saya masih suka menetes sedikit, dan alhasil mengenai tangan saya yg udh dibasahi sabun untuk c*bok, apakah tdk apa apa dok, saya c*bok dengan keadaan tangan ada sabun dan sdikit cairan urine saya?
144 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, PS.Menjaga kebersihan area bokong tentunya tidak kalah penting seperti menjaga kebersihan organ intim. Ini disebabkan karena area tersebut sangat rentan untuk terjadinya iritasi serta infeksi. Lalu bagaimana sih cara membersihkan area bokong secara tepat?

Cara membersihkan bokong yang tepat :

  • Gerakan mengusap dari arang depan ke belakang. Karena pergerakan dari belakang ke depan (arah kelamin) dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih.
  • Menggunakan sabun bebas pewangi
  • Membilas bokong dengan air bersih mengalir. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel.
  • Mencuci tangan setelah membasuh area bokong. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air bersih.
Apabila langkah tersebut tidak dilakukan dengan tepat maka dapat menimbulkan gejala infeksi pada area anus, Seperti rasa nyeri akibat iritasi, infeksi bakteri pada daerah yang mengalami luka, rasa gatal pada bokong, bila infeksi berlanjut dapat menimbulkan gejala penyerta lainnya seperti demam.Yang anda lakukan telah tepat yaitu membersihkan area menggunakan sabun, namun dikarenakan adanya urine pada tangan maka anda dapat mengulangi kembali prosedur membersihkan bokong tersebut. Dan pastikan kali ini tidak ada urine yang berada di dalam tangan ketika membersihkan bokong. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kulit sehatkesehatan kulitnyeri anus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil