07 Jun 2019, 22:18Perut

Buang air besar cair disertai mual dan muntah, mengapa bisa terjadi?

DP
Info Penanya: DP, Pria, 19 Tahun
Dokter kenapa tiba tiba pagi ini saya buang air besar tidak seperti biasanya malah pagi ini keluar nya seperti air gitu tambah lagi setelah buang air besar seperti itu saya langsung merasakan mual dan muntah muntah apakah penyebab nya?gejala apa itu?
366197 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat Siang, DDiare merupakan keadaan dimana saat bab feses berubah konsistensi dan frekuensi. Yaitu frekuensi menjadi lebih dari 3 kali, dengan konsistensi lebih cair. Terkadang juga terdapat lendir atau darah jika diare disebabkan oleh infeksi.

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan Anda mengalami :

1. Diare : BAB cair lebih dari 3 kali sehari, dengan keluhan lainnya seperti mual, rasa tidak nyaman di perut dan lemas. Kemungkinan penyebabnya bisa bermacam-macam antara lainalergi makanan, reaksi terhadap obat-obatan, infeksi virus, infeksi parasit yang dapat ditemukan dalam makanan atau air yang terkontaminasi dsb2. Disentri : BAB cair namun disertai dengan lendir dan darah serta dapat menyebabkan demam.3. Peningkatan asam lambung, yang menyebabkan mual, muntah dan rasa tidak nyaman di perut terutama di ulu hati.Untuk memastikan gejalanya saya sarankan Anda ke dokter ya, agar diperiksa secara langsung dan diberikan pengobatan yang sesuai.

Untuk mengatasinya dirumah adalah :

1. Hindari makanan pedas, asam dan santan serta makanan lainnya yang memicu mulas2. Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi, setidaknya 2L perhari3. Istirahat cukup4. Mencuci tangan, terutama sebelum makan5. Membersihkan benda-benda yang terkontaminasi misalnya permukaan meja yang sebelumnya terkontaminasi dengan muntahan atau kotoran lainnya6. Mencuci bahan makanan yang akan diolah hingga bersih7. Memasak makanan hingga matang. 

Jangan lupa memperhatikan tanda bahaya dari gejala anda:

1. BAB cair lebih dari 3x dan disertai dengan demam, pucat dan lemas2. Terdapat tanda-tanda dehidrasi seperti lemas, kehausan atau tidak mau minum, kantung mata tampak cekung, berkurangnya frekuensi buang air kecil, tidak ada air mata saat menangis.Jika mengalami tanda-tanda dehidrasi dan tanda bahaya diatas, segeralah ke UGD terdekat. And juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium darah dan feses.Selain itu Anda juga dapat memebaca beberapa forum terkait bab cair dan mual muntah, dibawah ini: Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Karlina Lestari
asam lambungmaagmualdiarepencernaanmasalah pencernaanmuntahsakit perutperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil