Buang air besar berwarna hijau

SA Info Penanya: SA
Sdh 2 hari warna bab hijau knpa yah dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA,

Buang air besar dengan perubahan warna feses bisa terjadi karena beragam hal dimana feses berwarna hijau pada orang dewasa dapat timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Mengalami infeksi saluran pencernaan seperti diare
  • Efek suplemen atau obat tertentu seperti suplemen dengan kandungan zat besi, herbal seperti klorofil, obat antibiotik tertentu, obat pereda nyeri
  • Banyak mengonsumsi sayuran atau makann dengan pigmen warna hijau
  • Penyebab lainnya

Pada beberapa kasus kondisi ini merupakan hal normal tetapi jika keluhan timbul disertai dengan gejala lain seperti perubahan konsistensi tinja menjadi lebih cair atau lembek, frekuensi buang air besar yang menjadi lebih sering, timbul perut sakit melilit, mual atau muntah, demam dan gejala lain segera periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya.

Perbanyak minum air putih dan tetap konsumsi sayur dan buah secara rutin serta rajin berolahraga agar hidup sehat dan juga menjaga asupan makanan agar saluran pencernaan terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Akibat kurang serat dapat beragam, mulai dari sembelit, mual, hingga naiknya berat badan

Tak Hanya Sembelit, Ini yang Terjadi pada Tubuh Akibat Kurang Serat

Serat menjadi nutrisi penting yang harus diseimbangkan asupannya. Tanda dan akibat kekurangan serat dari diet pun dapat beragam, mulai dari sembelit hingga naik bobot.