Buang air besar berkali-kali dan ada sedikit darah

AN Info Penanya: AN, Pria
Dok, setiap hari saya bab berkali-kali, mungkin ada lebih dari 10 kali , dan kaya ada sedikit seperti darah ketika bab itu kenapa ya? Dan apa yang harus saya lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN,

Perubahan konsistensi tinja dan frekuensi buang air besar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti asupan makanan dan minuman sehari-hari, gangguan saluran pencernaan seperti infeksi, kondisi psikis dan lainnya. Jika bab lebih dari 3 kali dan disertai konsistensi tinja yang lebih lembek atau cair maka bisa disebut diare.

Apabila terdapat bercak darah ketika buang air besar hal ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti adanya wasir, disentri atau infeksi bakteri atau parasit pada saluran pencernaan, fisura ani atau adanya luka di anus, perdarahan saluran cerna, polip atau jaringan lunak di rektum dan anus dan kemungkinan penyebab lainnya.

Jika keluhan timbul hampir setiap hari, ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan agar dipastikan penyebabnya. Nantinya penanganan sendiri akan diberikan tidak hanya pengobatan tetapi juga saran untuk merubah pola hidup agar terhindar dari gangguan kesehatan yang bisa terjadi. Upayakan banyak minum air putih, hindari banyak mengangkat beban, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, perhatikan makanan yang dikonsumsi dan segera periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab BAB berdarah bisa berupa gangguan medis pada saluran pencernaan

8 Gangguan Kesehatan yang Jadi Penyebab BAB Berdarah

Sistem pencernaan manusia terdiri dari beberapa organ dan penyebab BAB berdarah mungkin saja berasal dari salah satu organ ini. Perlu bantuan dokter untuk mengecek pemicunya agar pengobatan bisa diberikan dengan tepat.