Buang air besar berdarah, apa penyebabnya?

AY Info Penanya: AY, Pria, 27 Tahun
Kenapa saya saat buang air besar mengeluarkan darah yah..padahal seperti biasanya saya normal" saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, AYR

Buang air besar berdarah biasanya konsekuensi dari perbuatan sendiri. Bisa dari makanan yang dimakan kurang higienis sehingga mengandung kuman yang mengakibatkan perdarahan di dinding usus. Hasilnya adalah BAB keluar berdarah.

Bisa juga karena kotoran yang keras akibat kurang minum dan makanan berserat. Ditambah pemaksaan diri saat buang air besar dengan mengedan dan alhasil dinding usus lecet dan berdarah. Proses yang sama juga pada penderita ambeien. Bedanya ambeien adalah pembuluh darah di usus dekat pintu anus yang menonjol karena tekanan tinggi saat anda mengedan. Karena meregang dan menonjol sehingga dinding pembuluh darahnya tipis dan akhirnya luka.

Jadi banyak minum dan makanan berserat. Bila timbul demam atau mencret segera ke dokter untuk evaluasi dan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kontaminasi bakteri pada makanan atau minuman bisa menyebabkan diare pada anak

Cara Cepat Menangani Diare pada Anak dan Pencegahannya

dr. Wiendra menyatakan bahwa diare berada di urutan ketiga yang menyebabkan kematian pada anak setelah tuberkulosis dan penyakit hati. Diare sebenarnya merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan bakteri-bakteri dari dalam tubuh yang menyebabkan feses menjadi cair (mencret).