Buah zakar nyeri apa berbahaya?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Selamat pagi dok,mau tanya kenapa buah zakar saya. Awal nya skit perut yg sblh kanan dan kemudian hari.buah zakar ny bengkak sblh kanan,,tp cuma saat di pegang aja yang trsa nyeri ,,apa harus ada tindakan lanjut dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SU,

Buah zakar adalah organ vital bagi laki-laki karena berfungsi untuk memproduksi hormon testosteron dan sperma yang berfungsi untuk pembuahan sel telur.

Penyebab skrotum bengkak.

Beberapa penyebab buah zakar bengkak yang sering terjadi adalah:

  • Orchitis. Peradangan pada testis ini akan menyebabkan bengkak, terasa nyeri, sehingga testis tampak besar sebelah, dan tampak kemerahan.
  • Hidrokel. Adanya cairan di dalam kantong buah zakar, yang seringkali tidak disertai rasa nyeri.
  • Varikokel. Buah zakar akan tampak sedikit bengkak dan ada pembuluh darah yang membesar menyerupai cacing memanjang.
  • Torsio testis. Terjadi akibat testis terpluntir sehingga testis akan tampak tinggi sebelah, nyeri dirasakan sangat berat dan terjadi secara mendadak.
  • Abses skrotum. Kondisi di mana ada nanah di dalam kantong buah zakar yang biasanya terjadi sebagai kelanjutan dari infeksi menular seksual.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi buah zakar yang bengkak dan nyeri adalah:

  • Minum paracetamol untuk mengurangi nyerinya.
  • Hindari celana ketat.
  • Hindari mengangkat beban berat.

Sebaiknya bila bengkak dirasakan cukup besar dan terasa nyeri sebaiknya segera diperiksakan ke dokter urologi untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah melewati pengobatan intensif untuk obati kanker testis, Max Taylor kembali ke lapangan dan perkuat Manchester United.(Sumber: Instagram @maxtaylor00)

Kisah Inspiratif Pemain Muda Manchester United yang Selamat dari Kanker Testis

Setelah berhasil menjalani pengobatan untuk kanker testis yang diidapnya, pesepakbola muda asal Inggris, Max Taylor, diangkat ke skuad utama Manchester United. Seperti apa gejala dan pengobatan kanker testis?