09 May 2021, 07:44Kulit & Kelamin

Apakah memiliki satu buah zakar mengganggu kesuburan?

OA
Info Penanya: OA0
Selamat pagi dok mau tanya bagaimana jika seseorang laki2 mempunyai satu buah zakar di umurnya 23 tahun, dan banyak kata orang kalau mempunyai satu buah zakar itu tidak bisa memiliki keturunan apa bener yang dikatakan orang dan apa ada pernah terbukti orang yg mempunyai satu buah zakar mempunyai anak dok mohon bantuan yaa dok
144 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, OATerima kasih atas pertanyaannya.Secara normal, pria akan memiliki penis dan dua testis atau buah zakar yang tersimpan di kantung zakar.  Buah zakar berfungsi sebagai tempat produksinya sperma yang akan dikeluarkan bersamaan dengan cairan saat ejakulasi.  Ketika pria hanya memiliki satu buah zakar maka kondisi ini dinamakan monorchidism dan merupakan kelainan bawaan sejak lahir. 

Penyebab buah zakar hanya satu :

  • Testis yang tidak turun sebelah dan menetap di rongga perut saat proses perkembangan janin hingga   Kondisi ini dikenal dengan istilah kriptokismus.
  • Kelainan perkembangan organ reproduksi pria saat proses perkembangan organ janin di kandungan. Faktor testis yang terpuntir, penyumbatan pembuluh darah, infeksi virus, rokok, alkohol, obat-obatan saat hamil memicu terjadinya kelainan ini. 
  • Riwayat operasi pada buah zakar akibat tumor.
Kesuburan pria tergantung pada kualitas dari sperma itu sendiri.  Pada kondisi testis yang tidak turun terkadang dapat menimbulkan efek pada testis yang sehat sehingga mungkin dapat menganggu produksi sperma yang berkualitas.  Walaupun begitu tidak perlu khawatir karena selama sperma yang diproduksi oleh buah zakar baik dan berkualitas tidak menganggu anda untuk punya anak.  Tentunya dibantu dengan gaya hidup sehat agar kerja buah zakar maksimal dalam memproduksi sperma yang baik.  Lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis urologi bila mengalami gangguan saat ejakulasi ataupun ereksi. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
perawatan kesuburanmeningkatkan kesuburanreproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil